logo dkonsul
perbedaan-dispepsia-dan-gerd.png
Kesehatan

April 23, 2024

Jangan Keliru, Kenali Perbedaan Dispepsia dan GERD

Ditinjau oleh: dr. Astrid Sophia Wulandari

Dispepsia dan GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah dua kondisi kesehatan yang sering terjadi di saluran pencernaan. Meskipun keduanya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, dispepsia dan GERD memiliki gejala yang berbeda.

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan Dispepsia dengan GERD agar mendapatkan perawatan yang sesuai dengan diagnosis. Simak penjelasan di bawah ini mengenai perbedaan Dispepsia dan GERD.

Gejala GERD

Untuk mengetahui perbedaan Dispepsia dan GERD, sebaiknya ketahui dulu gejala yang umum dirasakan oleh penderita GERD. GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa gejala berikut:

1. Rasa Terbakar di Perut

Salah satu gejala utama GERD adalah rasa terbakar atau panas di area perut dan kerongkongan. Rasa ini sering disebut sebagai heartburn dan bisa terjadi setelah makan atau saat berbaring.

2. Rasa Asam atau Pahit di Mulut

Naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat menyebabkan rasa asam atau pahit di mulut. Ini biasanya terjadi setelah makan atau saat berbaring.

3. Regurgitasi Makanan

Regurgitasi makanan adalah gejala lain dari GERD. Ini terjadi ketika makanan atau asam lambung naik kembali ke mulut, memberikan sensasi mual dan tidak nyaman.

Gejala Dispepsia

Untuk mengetahui perbedaan Dispepsia dan GERD, sebaiknya ketahui dulu gejala yang umum dirasakan oleh penderita Dispepsia. Dispepsia adalah istilah yang menggambarkan ketidaknyamanan atau rasa sakit di bagian atas perut. Berikut adalah beberapa gejala yang sering terjadi pada dispepsia:

1. Sakit Perut atau Kembung

Sakit perut atau kembung adalah gejala umum dispepsia. Rasa tidak nyaman ini biasanya terjadi di bagian atas perut dan bisa disertai perasaan penuh atau sesak.

2. Maag

Maag atau rasa terbakar di perut juga bisa menjadi gejala dispepsia. Ini biasanya terjadi setelah makan atau ketika perut kosong.

3. Mual

Mual adalah gejala dispepsia yang umum terjadi. Rasa mual dapat terjadi sebelum atau setelah makan, dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk iritasi lambung.

4. Muntah

Muntah adalah gejala dispepsia yang lebih jarang terjadi, tetapi bisa muncul jika gangguan pencernaan menjadi cukup parah.

Konsultasikan Permasalahan Dispepsia dan Gerd ke Dokter

Nah, berikut adalah perbedaan Dispepsia dengan GERD. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas terkait dispepsia atau GERD, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Agar mendapatkan diagnosis yang tepat, segera konsultasi bersama Dkonsul.

Anda dapat melakukan konsultasi terkait GERD maupun Dispepsia dengan chat dokter Dkonsul. Yuk, chat dokter Dkonsul sekarang untuk konsultasi agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai hasil diagnosis!

Referensi:

Healthline. 2024. Why Do I Have Indigestion?. [online] https://www.healthline.com/health/indigestion

Cleveland Clinic. 2022. Functional Dyspepsia. [online] https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22248-functional-dyspepsia

Healthline. 2024. Everything You Need to Know About Acid Reflux and GERD. [online] https://www.healthline.com/health/gerd