logo dkonsul
Cara-Mencegah-Penyakit-Kulit.png
Kulit

Augustus 4, 2023

7 Cara Mencegah Penyakit Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Ditinjau oleh: dr. M. Ade Wijaya

Ada banyak jenis penyakit kulit. Salah satu yang paling sering terjadi, yaitu jerawat dan eksim. Penyakit kulit ini terjadi karena banyak faktor, seperti lingkungan, infeksi, alergi, genetik, hingga adanya masalah medis tertentu. Meski tidak semua penyakit kulit memiliki perawatan yang sama, beberapa cara mencegah penyakit kulit secara umum ini mungkin dapat membantu Anda terhindar dari masalah kulit yang sering terjadi.

Cara Mencegah Penyakit Kulit

Tidak semua penyakit kulit bisa dicegah. Ada beberapa penyakit kulit yang tidak bisa dicegah, misalnya penyakit kulit yang disebabkan oleh faktor genetik atau masalah medis tertentu. Meski demikian, Anda tetap bisa melakukan beberapa cara mencegah penyakit kulit agar penyakit kulit tidak timbul atau bertambah parah.

Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit kulit yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Menjaga Kebersihan Tangan

Kebersihan tangan adalah hal yang paling penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri, jamur, atau virus penyebab infeksi kulit.

Dalam menjaga kebersihan tangan, pastikan Anda membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir. Gosok tangan selama 20 detik dengan sabun sebelum dibilas dengan air mengalir. Setelah selesai, keringkan tangan dengan handuk atau tisu.

2. Hindari Penggunaan Barang Bersama

Cara mencegah penyakit kulit selanjutnya adalah hindari penggunaan barang bersama, seperti handuk, alat rias, sisir, pakaian, dan selimut. Pasalnya, berbagai macam bakteri atau parasit bisa saja menempel pada barang tersebut dan menyebabkan infeksi pada kulit Anda.

3. Perhatikan Penggunaan Produk Perawatan Kulit

Terkadang, beberapa produk perawatan kulit memiliki kandungan yang terlalu keras untuk kulit sensitif Anda sehingga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan bengkak.

Agar masalah kulit tersebut tidak terjadi, Anda bisa mencoba produk perawatan kulit tersebut di leher untuk memeriksa reaksi kulit yang akan terjadi. Bila setelah beberapa hari tidak terjadi reaksi apapun, Anda bisa mulai menggunakannya secara rutin.

4. Cukupi Waktu Tidur

Saat tidur, tubuh melakukan proses perbaikan dan pemulihan. Banyak hal yang dilakukan tubuh untuk dipulihkan, mulai dari otak, sistem daya tahan tubuh, hingga kulit. Oleh sebab itu, para pakar merekomendasikan agar seseorang bisa memiliki waktu tidur sebanyak tujuh hingga sembilan jam tiap malamnya.

Kekurangan waktu tidur saat malam hari dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, seperti kantung mata, mata merah, kerutan, hingga kulit yang pucat. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya sehingga memicu timbulnya jerawat.

5. Cukupi Cairan Tubuh

Mencukupi cairan tubuh dapat menjadi cara mencegah penyakit kulit selanjutnya. Pasalnya, cairan yang cukup di dalam tubuh dapat membantu meningkatkan tampilan kulit. Nah, bila Anda dehidrasi, kulit akan sedikit lebih kering dari biasanya.

Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya sangat penting. Anda bisa mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

6. Kelola Stres

Melansir dari Harvard Health Publishing, stres akut atau kronis dapat memengaruhi kesehatan kulit dan memicu beberapa penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim, jerawat, dan rambut rontok. Oleh sebab itu, mengelola stres penting untuk mencegah terjadinya penyakit kulit.

Untuk mengelola stres, Anda bisa melakukan meditasi atau teknik relaksasi. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi dan olahraga teratur dipercaya dapat menjadi cara untuk mengatasi stres.

7. Gunakan Tabir Surya

Cara mencegah penyakit kulit yang terakhir adalah selalu gunakan tabir surya atau sunscreen saat Anda berada di luar ruangan saat siang hari. Tabir surya berfungsi menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar UV dapat merusak kulit, menyebabkan kulit terbakar atau sunburn, dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Agar perlindungan dari sinar UV lebih maksimal, Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) 30 atau lebih dan mengulangi pemakaian setiap dua jam sekali.

Nah, demikianlah informasi mengenai cara-cara mencegah penyakit kulit yang bisa Anda lakukan. Ulasan di atas merupakan bentuk pencegahan secara umum, sehingga mungkin tidak semua penyakit kulit dapat dicegah dengan cara tersebut. Bila Anda memiliki keluhan di kulit yang tidak biasa, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:

American Academy of Dermatology Association. 2021. How to Test Skin Care Products. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/prevent-skin-problems/test-skin-care-products

Everyday Health. 2023. Can You Hydrate Your Way to Healthy Skin? https://www.everydayhealth.com/healthy-skin/can-you-hydrate-your-way-to-healthy-skin

Harvard Health Publishing. 2021. Stress May Be Getting to your Skin, But It’s Not a One-Way Street. https://www.health.harvard.edu/blog/stress-may-be-getting-to-your-skin-but-its-not-a-one-way-street-2021041422334

Healthline. 2022. All About Common Skin Disorders. https://www.healthline.com/health/skin-disorders

New York State Department of Health. Preventing Skin Infection. https://health.ny.gov/diseases/communicable/athletic_skin_infections/hand_washing.htm

Sleep Foundation. 2023. Beauty Sleep. https://www.sleepfoundation.org/physical-health/beauty-sleep

University of Rochester Medical Center. Sunscreens: Protect Your Skin. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=P01351