logo dkonsul
cara-mengatasi-acne-vulgaris.png
Kulit

April 29, 2024

6 Cara Mengatasi Acne Vulgaris

Ditinjau oleh: dr. Astrid Sophia Wulandari

Acne vulgaris disebut juga sebagai jerawat, yaitu kondisi kulit pada bagian folikel rambut mengalami penyumbatan sel kulit mati yang mengandung minyak dan bakteri. Jerawat dapat meradang pada segala umur karena penggunaan produk make up atau perawatan kulit yang tidak sesuai, pengaruh kerja hormon, pola makan, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Bukan hanya di wajah, acne vulgaris dapat muncul di area punggung dan dada dengan bentuk seperti benjolan putih kemerahan karena peradangan, komedo hitam maupun putih, dan disertai dengan rasa nyeri.

Jangan khawatir! Acne vulgaris dapat diatasi. Bagaimana cara mengatasi acne vulgaris? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara mengatasi acne vulgaris

Terdapat banyak pilihan untuk mengatasi acne vulgaris, baik secara medis maupun preventif. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Kelola stres

Stres dapat muncul akibat pikiran yang tidak stabil karena bekerja atau melakukan aktivitas berlebihan. Jika Anda stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol yang memicu peningkatan gula darah dan peradangan pada tubuh. Akibatnya, hormon ini meningkatkan produksi sebum atau minyak pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Untuk itu, acne vulgaris dapat sembuh jika Anda mampu mengelola stres dengan baik.

2. Istirahat cukup

Penting untuk istirahat cukup dalam mencegah acne vulgaris. Waktu tidur yang cukup sekitar 6-8 jam sehari dapat meredakan stres dan menurunkan produksi hormon kortisol.

3. Menjaga kebersihan kulit

Jerawat muncul karena bakteri yang berasal dari kotoran dan minyak yang mengendap ke dalam pori-pori. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kebersihan kulit yang tidak terjaga. Untuk menjaga kebersihan kulit supaya terbebas dari jerawat, bersihkan wajah setelah beraktivitas karena debu serta make up yang menempel. Lakukan double cleansing dengan menggunakan cleansing balm, cleansing milk, atau micellar water terlebih dahulu. Kemudian, cuci muka dengan sabun wajah sesuai jenis kulit.

4. Menggunakan perawatan sesuai jenis kulit

Acne vulgaris bisa terjadi pada kulit berminyak maupun kering. Sesuaikan kandungan skincare dengan jenis kulit Anda, dan gunakan produk yang bersifat non-comedogenic. Apabila mengalami jerawat, Anda bisa mengobatinya dengan obat jerawat yang umumnya memiliki kandungan ini:

  • Benzoyl peroxide
  • Asam salisilat
  • Retinoid Belum pernah menggunakan skincare dengan kandungan tersebut? Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapatkan saran yang lebih baik.

5. Hindari makanan berlemak

Untuk mencegah jerawat, hindari makanan tinggi lemak dan tinggi gula yang membuat jerawat meradang. Makanan tinggi lemak dan gula tersebut dapat Anda temukan pada makanan cepat saji, susu, makanan manis, gorengan, hingga makanan olahan.

6. Mendapatkan perawatan khusus di klinik kecantikan

Banyak orang pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang lebih mendalam agar jerawat dapat sembuh dan tidak meradang lagi. Terdapat beberapa prosedur yang biasanya dilakukan di klinik kecantikan, seperti ekstraksi komedo di area T-zone (Hidung, dahi, dagu), chemical peel menggunakan asam salisilat, sampai injeksi steroid untuk mengurangi peradangan.

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit

Apabila sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi acne vulgaris namun tidak kunjung mereda, tidak ada salahnya untuk langsung berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapatkan pengobatan dan rekomendasi lebih lanjut. Dokter akan mendiagnosa jerawat Anda secara spesifik beserta penanganannya.

Baca juga: Acne Vulgaris: Definisi, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Mengatasi acne vulgaris lebih mudah dengan konsultasi di Dkonsul

Sudah siap mengatasi acne vulgaris untuk kulit yang lebih sehat? Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan perawatan yang pas bersama Dkonsul, tidak perlu repot antri dan datang ke klinik atau rumah sakit.

Sumber:

Verywell Health. Acne Vulgaris: Symptoms, Causes, and Treatment. Tautan: https://www.verywellhealth.com/what-is-acne-vulgaris-15492

Healthline. What Acne Vulgaris Looks Like and How to Treat it. Tautan: https://www.healthline.com/health/skin-disorders/acne-vulgaris#symptoms

Health.com. Acne Vulgaris: Types, Symptoms, Causes, Treatment and More. Tautan: https://www.health.com/acne-vulgaris-7973570

Mayo Clinic. Acne. [online]. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/diagnosis-treatment/drc-20368048

Singhealth. Acne vulgaris. [online]. https://www.singhealth.com.sg/patient-care/conditions-treatments/acne-vulgaris