logo dkonsul
makanan-untuk-penderita-gerd-atau-asam-lambung.png
Kesehatan

April 27, 2024

8 Makanan untuk Penderita GERD atau Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Astrid Sophia Wulandari

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi asam lambung naik hingga ke tenggorokan dengan gejala nyeri dada dengan sensasi terbakar, mulut pahit, hingga kesulitan menelan. GERD bukan asam lambung biasa yang disebabkan oleh berbagai riwayat kesehatan tertentu, misalnya diabetes, asma, obesitas.

Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan yang salah juga mampu memicu GERD. Oleh karena itu, makanan untuk penderita GERD yang sangat aman bebas mengandung alkohol, bebas lemak, tidak mengandung asam dan pedas.

Supaya tidak memperburuk GERD, terdapat beberapa makanan untuk penderita GERD yang aman dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan ini, Anda juga dapat sekaligus melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan lambung dan organ pencernaan yang lebih sehat.

Lalu, apa saja makanan untuk penderita GERD yang direkomendasikan dokter? Intip selengkapnya berikut ini!

Makanan untuk Penderita GERD

Ekta Gupta MD dari Johns Hopkins mengatakan jika makanan untuk penderita GERD merupakan pertolongan pertama untuk mencegah naiknya reflux atau asam lambung. Kondisi GERD sendiri menyebabkan otot esofagus pada kerongkongan mengendur, kemudian asam lambung dapat naik hingga ke tenggorokan. Berikut ini adalah daftar makanan untuk penderita GERD yang aman dikonsumsi:

1. Sayuran

Sayuran sangat aman untuk penderita GERD karena kandungan rendah lemak, tinggi serat, rendah kalori dan gula. Akan tetapi, hindari sayuran yang mengandung banyak kandungan gas untuk menghindari produksi asam lambung berlebih. Sayuran yang aman untuk penderita GERD misalnya seledri, selada, bayam, labu, lobak, kentang, buncis, wortel, hingga timun.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan karbohidrat dari gandum yang cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita GERD karena tinggi serat yang mengontrol kerja pencernaan agar terbebas dari sembelit. Selain itu, oeatmeal juga karbohidrat yang rendah gula dan lemak, sehingga aman untuk diet GERD ini. Satu hal terpenting dari oatmeal adalah kandungan rendah asam yang aman bagi lambung.

3. Buah

Buah jadi makanan yang aman untuk penderita GERD, terlebih tidak mengandung asam seperti jeruk dan tomat. Anda bisa mencoba konsumsi buah yang tinggi serat dan berair, seperti semangka, apel, pir, melon, alpukat, pepaya. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan rendah gula dan rendah kalori, jadi aman untuk dikonsumsi sebagai cemilan yang sehat.

4. Daging rendah lemak

Daging rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan, memiliki kandungan protein tinggi agar memudahkan proses pencernaan makanan. Termasuk saat makanan diproses oleh enzim di lambung. Makanan daing tinggi lemak tidak aman untuk penderita GERD karena memicu asam lambung naik.

5. Jahe

Makanan yang mengandung jahe sangat aman untuk penderita GERD. Jahe sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat menecegah dan mengobati berbagai masalah pencernaan secara alami. Jahe juga bisa Anda konsumsi dalam bentuk minuman hangat yang segar dan menenangkan.

6. Putih Telur

Telur sebagai sumber protein hewani tentunya aman dikonsumsi. Akan tetapi, putih telur cenderung direkomendasikan karena rendah lemak yang mampu menghindari naiknya asam lambung beserta gejala GERD lainnya. Kuning telur mengandung tinggi lemak, Anda dapat memilahnya untuk mencegah GERD kambuh kembali.

7. Kacang dan Biji-bijian

Untuk mencegah GERD kambuh, Anda bisa memanfaatkan makanan olahan yang terbuat dari kacang dan biji-bijian. Misalnya, minyak zaitun, minyak dari bunga matahari, kacang mede, kacang almond, minyak wijen. Makanan tersebut memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga mampu menetralisir asam lambung.

8. Brown Rice

Nasi cokelat atau brown rice memiliki kandungan rendah gula dan serat tinggi, pastinya aman untuk Anda penderita GERD yang ingin mencukupi nutrisi. Mengonsumsi nasi cokelat membuat Anda lebih kenyang dibanding dengan nasi putih atau makanan manis lainnya yang tinggi karbohidrat, seperti cemilan berupa kue.

Konsultasikan Makanan untuk Penderita GERD

Salah satu cara untuk menyembuhkan GERD adalah dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan. Anda harus menghindari makanan yang tinggi asam dan tinggi lemak agar gejala GERD tidak semakin parah. Daftar makanan untuk penderita GERD dapat Anda tanyakan lebih lanjut bersama dokter Dkonsul melalui telemedicine.

Dkonsul mempermudah Anda yang ingin berkonsultasi tentang GERD dan penyakit lainnya. Dengan Dkonsul, Anda juga dapat menebus obat resep dokter di apotek terdekat dengan sistem pesan antar (Delivery). Yuk, chat dokter Dkonsul sekarang untuk konsultasi online penyakit GERD dan masalah kesehatan lainnya!

Referensi:

Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes. 5 Jenis Makanan Penurun Asam Lambung. [online]. https://upk.kemkes.go.id/new/5-jenis-makanan-penurun-asam-lambung

Healthline. 2023. GERD Diet - Foods to Help your Acid Flux. [online]. https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition#foods-to-eat

Web MD. 2023. Foods That Fight GERD. [online]. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/ss/slideshow-foods-fight-gerd

Johns Hopkins. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn). [online]. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn